SIAP Desa

SIAP Desa

Aplikasi SIAP Desa dikembangkan berbasis Permendagri Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi dan keterampilan pengelolaan keuangan desa, dan selain fokus pada ADD, aplikasi juga akan mencakup juga pelaporan keuangan Dana Desa yang berasal dari APBN.

SIAP Desa ini ditujukan bagi pengelolaan dan penyusunan pelaporan Penerimaan Asli Daerah (PAD). Dana Perimbangan, Anggaran Dana Desa (ADD) dan juga mencakup sumber penerimaan baru bagi desa yaitu Dana Desa yang berasal dari APBN, sesuai mandat UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Aplikasi SIAP Desa disusun berdasarkan Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa yang merupakan penyempurnaan dari Permendagri Nomor 37 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

Modul yang akan dicakup dalam Aplikasi SIAP Desa ini antara lain adalah.Kode Anggaran, Catatan Transaksi Harian, Laporan Keuangan, Laporan Anggraan Pendapatan dan Belanja Desa, Buku Kas Umum, Buku Kas Pembantu dan Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Unduh Aplikasi