Mengungkit Potensi Desa dan Membangun Perekonomian Desa yang Adil dan Lestari

UU No. 6 Tahun 2014 menyebutkan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan, melalui penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan guna mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial.

BUMDes merupakan usaha yang dibentuk sebagai perwujudan kehadiran Pemerintahan Desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan mendayagunakan sumber daya ekonomi lokal. Kehadirannya dimandatkan oleh UU Desa sebagai upaya menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh desa dan/atau kerja sama antar desa.

Hal tersebut merupakan peluang sekaligus tantangan. Peluang karena BUMDes akan mengelola usaha strategis desa yang tidak tepat jika usaha tersebut dikelola oleh pihak swasta, seperti pengelolaan sumberdaya alam dan pelayanan umum. Namun sekaligus menjadi tantangan karena dalam usaha berlaku kaidah lembaga yang lebih efisen yang akan mampu bertahan dan memenangkan kompetisi dan bisa bertahan hidup dalam jangka panjang.

Realitas tersebut menggugah banyak pihak untuk menyelenggarakan pelatihan bagi BUMDes, namun tidak jarang tindak lanjutnya berhenti pada tahap pembentukan atau pendirian BUMDes; tidak berlanjut pada pengembangan usaha. Pelatihan ini dirancang untuk memberikan bekal yang lengkap kepada calon dan pengelola BUMDes dari aspek pemahaman regulasi, keterampilan menciptakan gagasan usaha, penyusunan studi kelayakan usaha, sampai pengelolaan usaha dan keterampilan pembukuan/keuangan BUMDes secara sederhana, termasuk memberikan kemampuan untuk membaca dan menganalisis Laporan Keuangan BUMDes untuk memperbaiki kinerja usaha.

Pelatihan Pengembangan BUMDes akan diselenggarakan di Yogyakarta selama lima hari dengan metode pembelajaran kelas selama tiga hari, studi lapangan sau hari, dan refleksi pembelajaran lapangan satu hari. Biaya pelatihan Rp6.500.000 per orang, dengan fasilitas:

  • Fasilitator berpengalaman;
  • Akomodasi penginapan selama 5 hari;
  • Trasportasi studi lapangan;
  • Polo shirt;
  • Flash disk;
  • Sertifikat.

Pendaftaran:
Sdr. Misan
Telp: 08996807793
E-mail: misanmsi@gmail.com