Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pelatihan dan Penguatan Kapasitas BUMDes di Kabupaten Kudus

Pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bertujuan memperkuat perekonomian di desa. Harapannya keberadaan BUMDes bisa membuka lapangan kerja, memperkuat usaha masyarakat, meningkatkan Pendapatan Asli Desa, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabuoaten Kudus mengidentifikasi bahwa sebagian besar pengelola BUMDes belum memiliki kompetensi mengelola bisnis serta engalami kesulitan menyusun analisa kelayakan usaha.

Melihat kondisi tersebut, CSR PT Djarum Tbk (Lokadata) bersama Dinas PMD Kabupaten Kudus, dan Perkumpulan Desa Lestari menyelenggarakan Pelatihan dan Penguatan Kapasitas BUMDes di Kabupaten Kudus pada Maret – Mei 2021 secara virtual mengingat Indonesia masih dalam situasi pandemic Covid-19. Tujuan program ini untuk meningkatkan pemahaman perangkat desa dan pengelola BUMDes sebagai sasaran.

Peserta mendapat materi seputar pengelolaan BUMDes serta fasilitas untuk berkonsultasi terkait BUMDes yang ada di desa masing-masing. Hasilnya, peserta dapat menyusun draft rencana usaha BUMDes.