Skip to content

Program Lalu

Penyusunan Baseline Amplifying Voice for Just Climate Action
Pemetaan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)
Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus

Program Berjalan

Desa Cerdas
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pelatihan Pengembangan BUMDes di Kawasan Desa Peduli Gambut

Peraturan Menteri Desa PDTT (Permendesa) No. 4 Tahun 2015 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) semakin menguatkan inisiasi pendirian lembaga perekonomian desa, dalam hal ini direpresentasikan oleh BUMDes sebagai salah satu prioritas pembangunan desa.

Desa Peduli Gambut yang digagas Badan Restorasi Gambut (BRG) turut menyelaraskan pembangunan desa, termasuk pemberdayaan ekonomi desa. Desa-desa yang berada di kawasan gambut memiliki potensi dalam mengembangkan lembaga-lembaga pemberdayaan ekonomi masyarakat desa, namun memiliki keterbatasan dalam optimalisasi potensi desa.

Badan Restorasi Gambut (BRG) bersama Perkumpulan Desa Lestari mengadakan Pelatihan Pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kawasan Desa Peduli Gambut. Selama empat minggu (11 September – 7 Oktober 2017), Kepala Desa, Perangkat Desa, dan pengelola BUMDes di 75 desa dampingan BRG di tiga region (Sumatera, Kalimantan, dan Papua) mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan dan menguatkan kapasitas ekonomi masyarakat di desa-desa yang berada di kawasan gambut.

Setelah mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan, pemahaman peserta tentang urgensi pendirian BUMDes meningkat. Selain itu, kemampuan kepala desa dan perangkat desa dalam mengenali potensi desa di kawasan restorasi gambut turut meningkat. Kemampuan pengelola BUMDes dalam menyusun rencana usaha dan pelaporan keuangan BUMDes juga menguat.