Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Program Promosi Implementasi UU Desa

Lahirnya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa memiliki harapan dapat meningkatkan peran aktif desa untuk menjalankan dan memperkuat hak otonomi yang selama ini dimiliki dalam mewujudkan cita-cita desa yang sejahtera, mandiri, dan demokratis.

Langkah awal untuk mewujudkan cita-cita tersebut adalah menyusun sistem perencanaan desa, antara lain Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pembangunan (RKPDes), dan Rencana Anggaran dan Pendapatan Desa (RAPBDes) secara partisipatif sebagai dokumen yang memuat arah pembangunan desa.

Perkumpulan Desa Lestari hadir dengan Program Promosi Implementasi UU Desa di Kendari. Program ini bertujuan meningkatkan kapasitas dan penguatan nilai-nilai demokrasi dalam tata pemerintahan yang baik di tingkat pemerintah desa hingga kabupaten. Selain itu juga mendorong terbangunnya kolaborasi antara masyarakat sipil dengan pemerintah dalam memperkuat tata pemerintahan yang baik di desa-desa wilayah.

Selama dua tahun (4 Agustus 2015 – 30 Juni 2017), Perkumpulan Desa Lestari dan IDRAP melakukan berbagai pelatihan, diantaranya Pelatihan Konsultatif Penyusunan Rencana Pembangunan Desa, Pelatihan Perencanaan Pembangunan Desa bagi Mitra IDRAP, Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa, dan Pengembangan Radio Komunitas.

Serangkaian pelatihan yang menyasar kepada kepala desa, perangkat desa, pengurus BPD, dan pegiat kelompok masyarakat desa sebagai penerima manfaat mampu meningkatkan pemahaman serta kemampuan menyusun RPJMDes, RKPDes, dan RAPBDes. Selain itu, partisipasi kelompok perempuan dan kaum muda menjadi aktif dalam merencanakan pembangunan desa. Desa mitra program mampu melaksanakan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa secara partisipatif, transparan, dan akuntabel. Program ini juga berhasil membangun radio komunitas sebagai media dialog warga dengan pemangku kebijakan.