Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Keuangan Desa

Dokumen RPJMDes, RKPDes, dan RAPBDes adalah acuan penilaian kinerja Pemerintah Desa serta menjadi bagian penilaian akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Oleh karena itu, upaya peningkatan kapasitas Pemerintah Desa merupakan kegiatan penting untuk mendukung penyusunan RPJMDes, RKPDes, dan RAPBDes yang partisipatif yang berdasarkan karakter desa dan kebutuhan masyarakat desa.

Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep bersama Perkumpulan Desa Lestari menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Keuangan Desa. Tujuannya supaya kapasitas kepala desa dan perangkat desa di kabupaten Sumenep di bidang perencanaan pembangunan desa partisipatif, dan pengelolaan keuangan desa meningkat.

Program ini berjalan selama satu bulan, yaitu November hingga Desember 2015. Adanya program pelatihan ini, pemahaman Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam proses merumuskan gagasan dari masyarakat, terutama dalam mekanisme penyusunan sebuah perencanaan berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas masyarakat yang menjadi bagian programasi RPJMDes, RKPDes dan RAPBDes meningkat.

Selain itu, Kepala Desa dan Perangkat Desa memahami dan mampu mengantisipasi potensi korupsi penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa melalui tahapan proses penyusunan perencanaan pembangunan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel. Mereka juga mengetahui system keuangan desa dan model laporan pertanggungjawaban yang benar.