Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Kecamatan Long Pahangai di Mahakam Ulu memiliki potensi kopi namun kemampuan SDM dalam melakukan penanaman, pengolahan, dan produksi masih kurang dan kondisi geografis.

Tidak hanya di Long Pahangai, Kecamatan Pupuan di Tabanan dan Selemadeg Barat juga memiliki potensi komoditas yang sama tetapi jangkauan pasar yang belum luas menjadi masalah utama.

Melihat potensi yang ada di Long Pahangai, Mahakam Ulu dan Pupuan & Selemadeg Barat di Tabanan, ESR Division of PT Astra International Tbk meneruskan program Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera di dua kabupaten tersebut. Tujuannya untuk mengembangkan komoditas unggulan berbasis kawasan; memberdayakan petani kopi di Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu dan petani kopi di Kecamatan Pupuan dan Selemadeg Barat (Kabupaten Tabanan) untuk meningkatkan kualitas budidaya komoditas dan memperluas akses pasar.

Bersama Perkumpulan Desa Lestari, ESR Division of PT Astra International Tbk menyelenggarakan berbagai macam kegiatan selama satu tahun (22 Agustus 2019 – 21 Agustus 2020) untuk mengembangkan budidaya, pascapanen kopi hingga produksi produk turunannya. Selain itu, petani kopi sebagai sasaran program juga diajari bagaimana mengelola manajemen bisnis dan keuangannya.


Setelah program berakhir, jumlah konsumen komoditas kopi meningkat yang diikuti adanya kreasi produk turunan dari komoditas unggulan desa. Selain itu BUMDes Bersama di Kecamatan Pupuan terbentuk.