Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kaum Muda Desa

Sebagian besar anak muda di desa memutuskan untuk bekerja di kota atau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara tetangga seperti Malaysia, Jepang, Hongkong, dan Korea Selatan. Hal tersebut bisa terjadi karena ketersediaan lapangan kerja yang terbatas, lahan kering, kepemilikan lahan yang berkurang, dan modal yang tidak mencukupi untuk berwirausaha.

Di sisi lain, pemerintah belum mempunyai rencana dan tindakan sistemastis bagi kaum muda untuk mendapatkan akses lapangan kerja di bidang pertanian dan sektor usaha lainnya. Adanya akses tersebut mampu berkontribusi pada ketahanan pangan dan pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Gunungkidul.

Melihat kondisi tersebut, JUMP! Foundation bersama Perkumpulan Desa Lestari mengadakan program Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kaum Muda Desa. Program ini menyasar pemuda Karang Taruna di Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Selama 1 tahun (1 Desember 2017 – 30 November 2018, para pemuda karang taruna mengikuti Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kaum Muda Desa pada Januari 2018. Setelahnya mereka mendapat pendampingan 2 (dua) kelompok kaum muda dalam mengembangkan inisiasi kewirausahaan.

Akhir program ini menghasilkan lapangan usaha baru, yaitu usaha pembuatan tusuk sate dengan memanfaatkan potensi tanaman bambu dan pengembangan model hidroponik sebagai bentuk pertanian modern.