Skip to content

Program Lalu

Yogyakarta Leadership and Enterpreneurship for Youth 2020
Penguatan Kapasitas Pengelolaan Potensi Desa
Kampung Berseri Astra Menuju Desa Sejahtera Periode II

Program Berjalan

Desa Cerdas
Responsible and Sustainable Palm Oil Plantation in Indonesia
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pengembangan Dokumen Pembelajaran Program “Membangun Ketangguhan Indonesia”

Perkumpulan Paluma Nusantara merupakan implementor program “Membangun Ketangguhan di Indonesia”. Program tersebut berfokus memadukan inklusi dan manajemen risiko pada masyarakat perdesaan di Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Ciamis. Program Membangun Ketangguhan di Indonesia merupakan salah satu fokus kepedulian Perkumpulan Paluma Nusantara kepada kelompok difabel yang selama ini kurang mendapat perhatian dan ruang dalam pembangunan desa.

Untuk menjalankan program itu, Perkumpulan Paluma Nusantara bekerja sama dengan Perkumpulan Desa Lestari. Selama 16 bulan (Mei 2018 – Agustus 2019), kedua organisasi tersebut membuat dokumentasi pembelajaran berupa Buku Petikan Pembelajaran dan Film Dokumenter Program di Desa Rejosari dan Katongan di Kabupaten Gunungkidul serta Desa Sidamulih dan Bangunsari di Kabupaten Ciamis.

Dokumentasi buku dan film tersebut dibuat sebagai strategi untuk melihat proses, capaian hasil, dan strategi keberlanjutan di empat desa sasaran. Selain menyusun Buku Petikan Pembelajaran dan pembuatan Video Dokumenter, perangkat desa sebagai salah satu peserta sasaran mengikuti workshop Membangun Ketangguhan Indonesia: Memadukan Inklusi dan Manajemen Risiko dalam Pembangunan Perdesaan pada Agustus 2019 yang melibatkan pemangku kepentingan di tingkat desa, kabupaten, dan nasional.