Skip to content

Program Lalu

Penyusunan Baseline Amplifying Voice for Just Climate Action
Pemetaan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)
Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus

Program Berjalan

Desa Cerdas
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Penguatan Kapasitas Co-Fasilitator Anak

Sesuai amanat UU Desa, mewujudkan Desa Membangun ditandai dengan pelibatan partisipasi kelompok-kelompok masyarakat yang semakin terbuka—salah satunya adalah kelompok anak.
Anak merupakan salah satu bagian penting dalam masyarakat yang suara, aspirasi, dan haknya perlu untuk didengar serta dipenuhi sebagaimana tercantum pada Konvensi Hak Anak (KHA) yang telah diratifikasi Indonesia melalui Keppres Nomor 36 Tahun 1990 tentang Hak-hak Anak dan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pengakuan dan pelibatan partisipasi anak, remaja, dan kaum muda pada rangkaian proses pembangunan di tingkat desa masih minim. Hal ini mendorong Wahana Visi Indonesia (WVI) ADP Sigi untuk mewujudkan pelibatan anak dalam proses Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di 9 (sembilan) desa wilayah kerjanya.

Program bertema Penguatan Kapasitas Co-Fsilitator Anak dalam Musrenbangdes dan Kelas Partisipasi Pelibatan anak dalam Musrenbangdes menyasar perwakilan penggerak masyarakat mitra WVI ADP Sigi, Sulawesi Tengah. Selama September 2016-November 2017, para peserta mengikuti berbagai pelatihan.
Program pelatihan ini berhasil menyusun modul Training of Facilitator (ToF) Pendamping Anak dalam Proses Musrenbangdes dan modul pelibatan anak dalam Musrenbangdes.