Skip to content

Liputan

Mengenal Peran dan Urgensi Data dalam Pembangunan Desa
23 December 2021
Bimtek Duta Digital, Langkah Awal Wujudkan Desa Cerdas yang Berkelanjutan
18 December 2021
Tingkatkan Kemampuan Pengelolaan BUMDes melalui Pelatihan Dasar
14 November 2021

Cerita Perubahan

Pelatihan BUMDes Kudus Tingkatkan Kapasitas Pengelola
01 December 2021
Penatausahaan Keuangan Tingkatkan Efektivitas BUMDes
05 May 2021
Rencana Keuangan, Penentu Keberhasilan BUMDes
28 April 2021

Balai Benih Ikan Anambas Raih UMKM Terbaik dalam Forum Kapasitas Nasional 2021

Aan Mujibur Rohman (kiri) bersama Fahmi Abdillah (tengah) dan Azianto (kanan

Jakarta (21-22/10) – Balai Benih Ikan (BBI) Anambas berhasil masuk ke dalam kategori Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Terbaik pada Forum Kapasitas Nasional 2021 yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKKMIGAS). Kegiatan yang merupakan rangkaian dari International Convention ini diadakan pada Kamis-Jumat (21-22/10) di Jakarta Convention Center.

BBI Anambas menjadi salah satu partisipan dari berbagai UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari sebelas perusahan minyak dan gas (migas). BBI Anambas sendiri merupakan lembaga dampingan Medco E&P Natuna Ltd yang bekerja sama dengan Perkumpulan Desa Lestari, yang berfokus pada pengembangan budidaya ikan kerapu berkelanjutan.

Ketua pengurus BBI Anambas Azianto menyampaikan bahwa perkembangan BBI Anambas saat ini terbilang cukup baik. “BBI Anambas telah mampu mendistribusikan benih ikan kerapu di nelayan budidaya di wilayah Anambas,” katanya.

Lebih lanjut, Azianto menambahkan BBI Anambas melakukan inovasi dengan melakukan pembenihan mandiri ikan kerapu secara berkelanjutan.

Sebelumnya, sebaran benih ikan kerapu BBI Anambas telah menjangkau 178 nelayan di wilayah Kepulauan Anambas. Ada berbagai jenis ikan kerapu yang dibudidaya, antara lain kerapu macan, kerapu cantang, kerapu cantik, kerapu bebek, kerapu batik, dan kerapu kertang.

Selain itu penjualan ikan kerapu di Kepulauan Anambas telah mencapai pasar luar negeri karena lokasinya yang strategis. Hongkong menjadi salah satu negara yang mengambil suplai ikan kerapu dari wilayah Anambas.

Kepala SKKMIGAS Dwi Soetjipto berharap BBI Anambas bisa melakukan kegiatan operasional secara mandiri dan berkelanjutan sehingga meraih kesuksesan.

Perolehan penghargaan sebagai salah satu UMKM terbaik di Forum Kapasitas Nasional 2021 merupakan awal yang baik bagi BBI Anambas untuk melakukan pengembangan dan inovasi. Manajer Program Penguatan Kapasitas BBI Anambas dari Perkumpulan Desa Lestari Aan Mujibur Rohman yakin bahwa nantinya BBI Anambas mampu tumbuh berkembang dan maju melalui usaha budidaya kerapu.

“Harapannya BBI Anambas bisa mengangkat kesejahteraan lapisan bawah masyarakat, terutama yang hidup bergantung pada sumber daya perairan atau laut Kepulauan Anambas,” ujar Aan. (LA)