Skip to content

Kolaborasi Dengan Sektor Wisata

Djarum Foundation (Beritagar / Lokadata)
28 October 2021
ESR Division of PT Astra Internasional Tbk
28 October 2021
Djarum Foundation (Beritagar)
28 September 2021

Kolaborasi Dengan Pemerintah K/L

Badan Restorasi Gambut (BRG)
28 October 2021
Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Madura
28 October 2021

Kolaborasi Dengan OMS

Perkumpulan Jaringan Nelayan (JaLA)
28 October 2021
Perkumpulan Paluma Nusantara
28 October 2021
JUMP! Foundation
28 October 2021

Wahana Visi Indonesia (WVI)

Wahana Visi Indonesia (WVI) adalah organisasi kemanusiaan Kristen yang hadir melayani dan berkolaborasi dalam pemberdayaan anak, keluarga, dan masyarakat paling rentan. Pelayanan dilakukan melalui pendekatan pengembangan masyarakat, advokasi, dan tanggap bencana untuk membawa perubahan yang berkesinambungan tanpa membedakan agama, ras, suku, dan gender.

WVI telah menyelenggarakan berbagai program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak sejak 1998. Salah satu harapannya yaitu menjadikan desa yang ramah anak. Harapan itu sesuai dengan spirit yang ada dalam UU Desa, yaitu desa berdaya dari aspek ekonomi, sosial, dan budaya dengan mengupayakan keberpihakan pasa semua elemen masyarakat—termasuk perempuan dan anak-anak.
Kasus kekerasan terhadap anak yang semakin banyak di masa kini menjadi momen bagi Pemerintah Desa untuk menata dan mengatur desa dengan konsep perencanaan tata kelola desa yang berpihak pada kelompok rentan. Dengan begitu, dapat terwujud desa yang demokratis, mandiri, partisipatif dimana hak-hak setiap kelompok masyarakat (dalam hal ini anak) dapat dihargai.

Melindungi setiap hak anak dari berbagai perlakuan yang tidak diharapkan menjadi penting. Maka diperlukan regulasi yang dapat melindungi hak-hak anak. Regulasi (dalam hal ini adalah peraturan desa) yang baik adalah regulasi yang berdasarkan atas partisipasi semua komponen di dalam masyarakat desa. Sehingga peraturan desa yang dibuat tersebut menjadi aturan masyarakat desa yang dapat dihormati dan dijalankan oleh semua pihak di desa tersebut.

WVI berkolaborasi dengan Perkumpulan Desa Lestari menyelenggarakan Program Penyusunan Peraturan Desa Berbasis Hak Anak pada September 2015 dan Juni 2016. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dalam bentuk pelatihan untuk penyusunan peraturan desa dalam konteks perlindungan dan penghormatan pada hak anak.

Program ini diadakan di Kabupaten Sambas dan Kubu Raya di Kalimantan Barat dengan sasaran staf WVI Region Kalimantan Barat dan apparatus desa di kabupaten tersebut. Ada dua kegiatan besar yang dilakukan, yaitu ToF Penyusunan Peraturan Desa Ramah Anak pada September 2015 dan Pelatihan Penyusunan Peraturan Desa Berbasis Hak Anak pada Juni 2016.

Program tersebut memperoleh beberapa capaian: peningkatan pemahaman pemangku program di WVI Region Kalimantan Barat mengenai dasar hukum dan konsideran penyusunan Peraturan Desa Berbasis Anak dan peningkatan pemahaman apparatus desa di wilayah kerja WVI Region Kalimantan Barat tentang perlunya kebijakan desa yang melindungi hak anak.

Pada 2016 – 2017, WVI berkolaborasi lagi dengan Perkumpulan Desa Lestari untuk mengadakan Penguatan Kapasitas Co-Fasilitator Anak dalam Musrenbangdes dan Kelas Partisipasi Pelibatan Anak dalam Musrenbangdes. Program ini diselenggarakan di Sigi, Sulawesi Tengah selama enam bulan. Menyasar pada perwakilan penggerak masyarakat mitra WVI ADP Sigi, program ini berhasil menyusun dua modul, yaitu Modul Training of Facilitator (ToF) Pendamping Anak dalam Proses Musrenbangdes dan modul Pelibatan Anak dalam Musrenbangdes.