Skip to content

Liputan

Pemutakhiran Data Desa Masih Perlu Ditingkatkan
20 June 2022
[SIARAN PERS] Dana Abadi LSM: Menciptakan Lingkungan Pendukung untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi Lokal
01 June 2022
Perkumpulan Desa Lestari Membuka Rekrutmen Staf Baru
24 May 2022

Cerita Perubahan

Strategi Baru BBI Anambas Memasarkan Kerapu
23 April 2022
Inovasi Pemijahan Indukan Ikan Kerapu di BBI Anambas
10 April 2022
Desa Lestari dan Lokadata Dampingi 4 BUMDes di Kudus
21 February 2022

Lembaga Kerapu Nasional Jalin Kerja Sama dengan BBI Anambas

Lembaga Kerapu Nasional mengunjungi kantor BBI Anambas (sumber: dokumentasi lembaga)

Anambas (23/4) – Lembaga Kerapu Nasional (LKN) mengunjungi ke kantor Balai Benih Ikan (BBI) Anambas pada Sabtu (23/4). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkenalkan diri sebagai lembaga swasta yang baru bergerak di bidang pembenihan dan budidaya ikan kerapu. Tidak hanya itu, LKN ingin menjalin kerja sama dengan BBI Anambas.

Sama seperti BBI Anambas, LKN juga melakukan pembenihan kerapu. Hanya saja jenis kerapu yang dibudidayakan berbeda. LKN membudidayakan ikan kerapu jenis sunuk sementara BBI Anambas melakukan pembenihan terhadap ikan kerapu macan. Secara teori dan proses pembenihan yang dilakukan terdapat kesamaan. Perbedaan terletak pada teknis budidaya saja.

Pada kunjungan tersebut, LKN dan BBI Anambas juga melakukan diskusi singkat terkait pengalaman dan pengetahuan terkait pembenihan dan budidaya yang dilakukan. LKN sebagai lembaga baru yang berjalan di bidang pembenihan ikan kerapu masih perlu banyak belajar dan mengambil ilmu pembenihan dari BBI Anambas yang telah lama menjalankan program pembenihan ikan kerapu.

Ketua BBI Anambas Azianto membuka lebar kesempatan, baik belajar maupun kerja sama dengan pihak manapun, termasuk LKN. “Silakan semua kelompok ataupun perorangan yang ingin mulai belajar atau sekadar berdiskusi terkait budidaya ikan kerapu untuk berkunjung ke BBI Anambas. BBI dengan senang hati menyambut semua pihak yang ingin belajar pembenihan,” ucapnya.

Saat ini LKN masih melakukan berbagai percobaan dan inovasi untuk mendapat standar operasional prosedur yang tepat dalam pembenihan, terutama pada kegiatan kultur dan perawatan pakan alami. LKN meminta beberapa sampel alga dan rotifera dari BBI Anambas sebagai pembanding dengan alga dan rotifer yang mereka kembangkan.

BBI Anambas berharap keberadaan LKN dapat saling menguntungkan dan membantu secara rutin, berbagi pengetahuan dan pengalaman pembenihan. Hal serupa juga disampaikan oleh pendiri LKN Lukman Hartono.

“Saya harap BBI Anambas dan LKN dapat bekerja sama daling mendukung untuk kegiatan pembenihan ikan kerapu, baik dari pemeliharaan larva hingga pemeliharaan pakan alami.” Kata Lukman. (AMR)