Skip to content

Program Lalu

Pemetaan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)
Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes Kudus Semester II

Program Berjalan

Penyusunan Baseline Amplifying Voice for Just Climate Action
Desa Cerdas
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Desa Cerdas

Kondisi desa terhadap akses teknologi masih belum setara dengan akses di wilayah perkotaan. Sehingga kemampuan masyarakat untuk mengembangkan layanan dasar, ekonomi lokal, serta akses ke lapangan kurang solutif dan inovatif.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersama Perkumpulan Desa Lestari sebagai salah satu mitra strategis berkolaborasi melaksanakan program Desa Cerdas. Tujuannya agar transformasi pemanfaatan teknologi digital dalam upaya mendorong peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud.

Ada enam pilar Desa Cerdas yang mendukung capaian SDG’s Desa: Mobilitas Cerdas, Tata Kelola Cerdas, Masyarakat Cerdas, Lingkungan Cerdas, Hidup Cerdas, dan Ekonomi Cerdas. Untuk mencapai enam pilar itu, desa-desa di 18 kabupaten di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali akan didampingi oleh Duta Digital dan kader-kader digital. Dengan begitu, masyarakat desa akan mampu mengidentifikasi berbagai solusi yang inovatif untuk mengembangkan layanan dasar, pengembangan ekonomi lokal, akses ke lapanagna kerja lebih baik, serta pemanfaatan teknologi lainnya; membuka peluang untuk dapat melakukan kolaborasi langsung dengan berbagai pihak, serta membuka akses masyarakat sehingga mendorong peluang kesetaraan dan akses antara wilayah perkotaan dan perdesaan.

Program Desa Cerdas berjalan sejak September 2021 hingga September 2024. Selama tiga tahun, Kementerian Desa bersama Perkumpulan Desa Lestari dan mitra strategis lainnya berkomitmen memberikan pelatihan dan bimbingan teknis bagi Duta Digital serta mendukung kegiatan lainnya.