Skip to content

Program Lalu

Penyusunan Baseline Amplifying Voice for Just Climate Action
Pemetaan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)
Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus

Program Berjalan

Desa Cerdas
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes Kudus Semester II

Berdasarkan data yang dihimpun, dari 123 desa di Kabupaten Kudus baru 45 BUMDes yang berdiri. Rinciannya 41 Bumdes berstatus dasar dan 4 lainnya BUMDes berstatus tumbuh. Padahal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menetapkan prioritas penggunaan dana desa setiap tahun untuk membentuk, mengembangkan, dan revitalisasi BUMDes. Hal itu sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa setelah terdampak pandemic Covid-19.

PT Djarum Tbk melalui Lokadata telah melakukan tiga tahun kerja sama dengan Perkumpulan Desa Lestari untuk mendorong pendirian BUMDes di Kabupaten Kudus sebagai wilayah operasional usaha PT Djarum. Pada November 2021, Lokadata dan Perkumpulan Desa Lestari menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes Kudus Semester II.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pemahaman dasar bagi Kepala Desa, Pengurus, BUMDes, dan Tim Pendirian BUMDes berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa; memberikan pemahaman dan keterampulan teknis bagi pengurus BUMDes dan persiapan pendirian BUMDes terkait aspek pendirian dan perencanaan BUMDes; dan memberikan motivasi serta inspirasi agar muncul berbagai ide usaha.

Kegiatan ini merupakan pelatihan pertama yang dilakukan secara offline atau tatap muka sejak pandemi Covid-19 merebak pada awal 2020. Sebelumnya, Lokadata dan Perkumpulan Desa Lestari telah mengadakan pelatihan serupa secara daring melalui Zoom Meetings pada Maret – Mei 2021. Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDes Kudus Semester II dilakukan sebanyak enam pertemuan setiap hari Sabtu dan Minggu pada 13-28 November 2021 di Wisma Karyawan Djarum Kudus. Peserta sebanyak 84 orang dari 14 desa di Kabupaten Kudus.

Pada pelatihan ini menghasilkan pemeringkatan BUMDes berdasarkan hasil pelatihan melalui perhitungan kumulatif dengan memperhatikan beberapa indikator, diantaranya: hasil asesmen, proses pelatihan, hasil kegiatan pemetaan dan pemilihan jenis usaha, dan perencanaan usaha melalui mapping SWOT dan BMC.