Skip to content

Program Lalu

Penyusunan Baseline Amplifying Voice for Just Climate Action
Pemetaan Potensi Mata Pencaharian Alternatif Masyarakat Sekitar Kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR)
Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus

Program Berjalan

Desa Cerdas
Membangun Pemijahan Kerapu yang Berkelanjutan di Kabupaten Kepulauan Anambas Melalui Pendampingan Balai Benih Ikan dan Kelompok Nelayan Anambas

Pendampingan BUMDes Kabupaten Kudus

PT Djarum Tbk melalui Lokadata bersama Perkumpulan Desa Lestari telah bekerja sama selama tiga tahun untuk mendorong berdirinya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa-desa Kabupaten Kudus. Kedua lembaga tersebut berkomitmen memberikan kontribusi dalam hal membentuk, mengembangkan, dan merevitalisasi BUMDEs agar pertumbuhan ekonomi desa merata.

Sebelumnya, Beritagar (sebelum menjadi Lokadata) dan Perkumpulan Desa Lestari melakukan pelatihan bagi 16 BUMDes secara luring pada 2019. Pelatihan kedua dilakukan pada semester I tahun 2021 secara daring terhadap enam desa. Selanjutnya pelatihan ketiga di semester II tahun 2021 telah terselenggara pada November lalu.

Pasca pelatihan dua semester pada 2021, Lokadata dan Perkumpulan Desa Lestari sebagai pelaksana lapangan menindaklanjuti kegiatan tersebut dengan memilih empat desa untuk mendapat pendampingan mendirikan serta mengembangkan BUMDes. Keempat desa itu antara lain Desa Karangampel, Desa Janggalan, Desa Jati Kulon, dan Desa Gulang.

Pendampingan dilakukan sejak Oktober 2021 hingga Maret 2022. Tim pelaksana program melakukan berbagai kegiatan ke keempat desa, seperti pendampingan kelembagaan, pendampingan penyusunan laporan keuangan dan pertanggungjawaban, dan pendampingan penyusunan rencana usaha dan analisis kelayakan usaha.

Kegiatan-kegiatan pendampingan yang telah dilakukan berhasil meraih beberapa capaian, diantaranya verifikasi nama dan menyusun berbagai dokumen: draft Perdes AD, draft Perkades ART, draft BA Musdes, program kerja, pembukuan, proposal, analisis kelayakan usaha, hingga pertanggungjawaban.