Skip to content

Kolaborasi Dengan Sektor Wisata

Djarum Foundation (Beritagar / Lokadata)
28 October 2021
ESR Division of PT Astra Internasional Tbk
28 October 2021
Djarum Foundation (Beritagar)
28 September 2021

Kolaborasi Dengan Pemerintah K/L

Badan Restorasi Gambut (BRG)
28 October 2021
Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Madura
28 October 2021

Kolaborasi Dengan OMS

Perkumpulan Jaringan Nelayan (JaLA)
28 October 2021
Perkumpulan Paluma Nusantara
28 October 2021
JUMP! Foundation
28 October 2021

Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Madura

Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep bagian Pemerintahan Desa merupakan unit staf daerah yang mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengkoordinasian administrasi terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif.

Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep bagian Pemerintahan Desa berupaya meningkatkan kapasitas pemerintah desa mengenai tata kelola desa yang baik, salah satunya pengelolaan keuangan desa. Pada konteks ini, dokumen RPJMDes, RKPDes, dan RAPBDes menjadi acuan penilaian kinerja pemerintah desa sekaligus bagian penilaian akuntabilitas. Ketiga dokumen utama perencanaan pembangunan desa dan dokumen pendukung lainnya menjadi referensi pada saat inspeksi pemeriksanaan laporan keuangan desa.

Melihat kondisi tersebut, peningkatan kapasitas Pemerintah Desa perlu dilakukan untuk mendukung penyusunan RPJMDes, RKPDes, dan RAPBDes yang partisipatif berdasarkan karakter desa dan kebutuhan masyarakat desa. Penyusunan perencanaan program dan anggaran yang baik akan memberikan arah program kerja Pemerintah Desa menjadi lebih terstruktur, tertata, dan sinergis dengan berbagai pemangku kepentingan desa.

Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep bagian Pemerintahan Desa berkolaborasi dengan Perkumpulan Desa Lestari untuk menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Sistem Keuangan Desa. Bimtek diadakan sebanyak dua gelombang selama bulan November-Desember 2015.

Setelah Bimtek selesai, pemahaman Desa dan Perangkat Desa dalam proses merumuskan gagasan dari masyarakat, terutama dalam mekanisme penyusunan sebuah perencanaan berdasarkan kebutuhan dan skala prioritas masyarakat yang menjadi bagian programasi RPJMDes, RKPDes dan RAPBDes. Kepala Desa dan Perangkat Desa memahami dan mampu mengantisipasi potensi korupsi penggunaan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa melalui tahapan proses penyusunan perencanaan pembangunan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel. Selain itu Kepala Desa dan Perangkat Desa mengetahui system keuangan desa dan model laporan pertanggungjawaban yang benar.