Skip to content

Kolaborasi Dengan Sektor Wisata

Djarum Foundation (Beritagar / Lokadata)
28 October 2021
ESR Division of PT Astra Internasional Tbk
28 October 2021
Djarum Foundation (Beritagar)
28 September 2021

Kolaborasi Dengan Pemerintah K/L

Badan Restorasi Gambut (BRG)
28 October 2021
Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Sumenep Madura
28 October 2021

Kolaborasi Dengan OMS

Perkumpulan Jaringan Nelayan (JaLA)
28 October 2021
Perkumpulan Paluma Nusantara
28 October 2021
JUMP! Foundation
28 October 2021

JUMP! Foundation

JUMP! Foundation merupakan organisasi masyarakat sipil internasional yang berpusat di Thailand, Republik Rakyat Tiongkok dan Kanada. Organisasi tersebut memiliki visi ingin menciptakan sebuah dunia di mana individu memiliki kekuatan untuk mewujudkan hasrat dan potensi yang mereka miliki.
JUMP! Foundation berfokus untuk memberikan inspirasi melalui pengalaman transformasional, memberdayakan individu dengan keterampilan dan sumber daya untuk menciptakan dampak positif, dan melibatkan individu dengan komunitas lokal dan global. Dalam rangka mencapai tujuan organisasi, JUMP! Foundation menjalankan program dan kegiatan berbasis masyarakat, kreativitas, pembelajaran, keberlanjutan, integritas, dan kewirausahaan sosial.

Beberapa program JUMP! Foundation dilakukan secara kolaborasi dengan Perkumpulan Desa Lestari. Pada 2017-2018, kedua organisasi tersebut menjalankan program Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kaum Muda Desa. Tujuannya untuk mengembangkan kewirausahaan sosial bagi kaum muda di Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.

Program ini dilatarbelakangi dengan fenomena sebagian besar anak muda di desa memutuskan untuk bekerja di kota atau menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negara tetangga seperti Malaysia, Jepang, Hongkong, dan Korea Selatan. Hal tersebut bisa terjadi karena ketersediaan lapangan kerja yang terbatas, lahan kering, kepemilikan lahan yang berkurang, dan modal yang tidak mencukupi untuk berwirausaha.

Di sisi lain, pemerintah belum mempunyai rencana dan tindakan sistematis bagi kaum muda untuk mendapatkan akses lapangan kerja di bidang pertanian dan sector usaha lainnya. Adanya akses tersebut mampu berkontribusi pada ketahanan pangan dan pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Gunungkidul.

Selama satu tahun JUMP! Foundation bersama Perkumpulan Desa Lestari menyelenggarakan dua kegiatan, yaitu Pelatihan Kepemimpinan dan Kewirausahaan bagi Kaum Muda Desa dan pendampingan untuk dua kelompok muda dalam mengembangkan inisiasi kewirausahaan.

Program ini menyasar pada pengurus dan anggota Karang Taruna Kecamatan Nglipar dan berhasil mendirikan usaha pembuatan tusuk sate dengan memanfaatkan potensi tanaman bambu. Tidak hanya itu, para pemuda karang taruna juga mengembangkan model hidropinik sebagai bentuk pertanian modern.

JUMP! Foundation kembali berkolaborasi dengan Perkumpulan Desa Lestari pada 2020 untuk mengadakan program baru, yaitu Yogyakarta Leadership and Entrepreneurship for Youth 2020. Program ini bertujuan untuk mendorong keterlibatan kaum muda dalam pembangunan desa.

Berlokasi di Desa Pagerharjo dan Desa Hargomulyo, Kabupaten Kulon Progo, kegiatan ini menyasar pada pengurus dan anggota karang taruna desa-desa setempat. Kegiatan pelatihan kepemimpinan dan kewirausahaan serta pendampingan dalam mengembangkan inisiasi kewirausahaan dilakukan agar pemuda di Desa Pagerharjo dan Desa Hargomulyo berdaya dan terlibat membangun desa.

Pada akhir program, karang taruna Desa Pagerharjo dan Desa Pagermulyo berhasil mendirikan usaha pengolahan gula kelapa dan mengembangkan rest area di kawasan lintas Provinsi DIY-Jawa Tengah jalur Kulon Progo sisi utara.